Latest News

PT. Dextonindo Persada Utus Karyawan Terbaik Ikuti Pelatihan AK3U

  • 08 Jul 2022

PT Dextonindo Persada merupakan perusahaan yang bergerak di bidang ready mix concrete (beton siap pakai) dan dan precast (beton pra cetak), telah mengutus salah satu karyawan terbaiknya untuk mengikuti program sertifikasi pelatihan Ahli K3 Umum (AK3U).

PT. Dextonindo Persada Utus Karyawan Terbaik Ikuti Pelatihan AK3U

"Perusahaan (PT Dextonindo Persada) mengirimkan karyawan bernama Rudiawan, untuk mengikuti pelatihan terkait K3. Harapan perusahaan, kedepannya dapat menjadi pilar penegak K3 yang akan menjalankan dan mengawasi penerapan K3 di Dexton dengan baik sesuai dengan prosedur yang sebenar-benarnya," ungkap Manager Operasional Dexton, dalam pesan elektronik yang diterima, Jumat (8/7).

Menurut Sumarno, pelatihan K3 tersebut memakan waktu selama 15 hari kerja yang dilaksanakan secara offline pada tanggal 20 Juni 2022 sampai dengan 4 Juli 2022.

"Di sana, Bapak Rudiawan bukan hanya akan diberi pelatihan terkait K3 saja, melainkan juga akan diberi tambahan pelatihan yang disebut 'Ultimate Awareness Training', di mana nanti akan banyak melakukan workshop dan praktek secara langsung. Sehingga bukan hanya paham teori saja melainkan paham juga cara pelaksanaannya," sebut Sumarno.

PT. Dextonindo Persada menginginkan seluruh karyawannya tetap nyaman dan selamat dalam melakukan aktivitas kerja. "Kita (PT Dextonindo Persada) mengharapkan dapat terpenuhi penerapkan K3 dan menjadikan lingkungan kerja perusahaan menjadi lingkungan kerja yang selamat dan sehat untuk seluruh karyawan yang ada di dalamnya," ucap Sumarno.

PT. Dextonindo Persada Utus Karyawan Terbaik Ikuti Pelatihan AK3U

Ia menambahkan, ada 6 point tujuan penerapan K3 yang ingin dicapai Dexton, untuk mencari dan mengungkapkan kelemahan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan, antara lain yaitu:

  1. Agar setiap karyawan mendapatkan jaminan keselamatan dan kesehatan kerja baik secara fisik, sosial dan psikologi.
  2. Agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan dengan sebaik-baiknya dan seselektif mungkin.
  3. Agar semua hasil produksi dipelihara keamanannya.
  4. Agar meningkatkan kegairahan, keserasian kerja dan partisipasi kerja di PT Dextonindo Persada.
  5. Agar terhindar dari gangguan kesehatan yang mungkin disebabkan oleh lingkungan atau kondisi kerja di PT Dextonindo Persada.
  6. Agar setiap karyawan merasa aman dan terlindungi dalam bekerja di lingkungan PT Dextonindo Persada.


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan salah satu faktor penting dan utama yang dapat mempengaruhi produktivitas karyawan. Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) cukup penting bagi moral, legalitas dan finansial pada sebuah perusahaan. Semua organisasi/perusahaan berkewajiban memiliki dan memastikan bahwa pekerja serta orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu.